Masalah hidup adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia, tidak ada seorangpun yang terhindar darinya. Masalah ada untuk membuat kita berkembang dan menjadi pribadi yang tangguh. Agar dapat menjalani hidup dengan tenang, jauhilah berpikiran muluk-muluk. Hadapilah semua masalah dengan lapang dada. Jadikanlah tujuan hidupmu masuk akal, jangan coba lari dari masalah.

Kita diwajibkan untuk selalu meminta (berdoa ) kepada Allah, lalu kita harus bertawakkal atas doa kita . Sesungguhnya Allah tahu yang terbaik untuk kita. Banyak diantara kita mulai berputus asa dengan doanya karena merasa doa yang telah kita panjatkan tidak didengar oleh Allah dan tidak dikabulkan Allah . Seharusnya kita belajar untuk intropeksi diri kita sendiri mengapa doa kita tidak dikabulkan oleh Allah. Kita memang punya rencana, Allah pun punya rencana untuk kita, rencana yang terbaik buat kita, walaupun mungkin itu merupakan hal yang tidak kita sukai ataupun mungkin kita menganggapnya itu sebuah musibah tetapi akal manusia dan naluri kita sering dihadapkan akan keterbatasan-keterbatasan yang tidak mampu mengungkap hikmah dibalik itu semua.

“Ketika kita meminta kesabaran , Allah SWT memberi kita cobaan untuk tetap tegar. Kita meminta kedewasaan, Allah SWT memberi kita masalah untuk diselesaikan. Kita meminta kenikmatan, yang Allah berikan adalah kekuatan dan pikiran untuk terus berusaha demi menggapainya.”

Perlu kita garis bawahi bahwa apa yang sebenarnya terjadi pada diri kita adalah sebuah perencanaan yang demikian apik dan penuh kerahasiaan. Kita adalah seorang hamba yang tidak bisa menentukan segala sesuatunya, walaupun kita telah berusaha sebaik mungkin karena masih ada yang Maha Tahu akan segalanya. Allah selalu memberikan yang terbaik bagi kita. Hanya terkadang kita tidak menyadari pemberianNya. Oleh karena itu tanamkan dalam hati kita bahwa Allah SWT tidak memberikan apa yang hambaNya pinta, tetapi Allah SWT akan melipatgandakan apa yang hambaNya butuhkan.

Dalam QS Al-Baqarah ayat 216, Allah SWT berfirman:

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.”

Setiap orang pasti pernah merasa kecewa dengan apa yang menimpa dirinya. Ia mengeluh atas keadaan yang tidak sesuai dengan keinginannya. Meronta-ronta kesetiap sudut peristiwa dari waktu yang sedang berjalan maupun yang telah berlalu. Meringis kesal pada harapan yang tak tergapai. Disetiap scenario yang Allah tentukan untuk setiap hambaNya pasti terdapat banyak rahasia yang tidak bisa kita ketahui. Skenario yang tidak bisa dijangkau oleh akal pikiran kita dan ternyata kita baru tersadar ketika hari berganti hari, waktu telah berlalu dan hal yang terjadi pada kita mengandung berbagai hikmah yang luar biasa dan itulah yang terbaik bagi kita. Yakinlah karena Allah selalu memiliki scenario yang indah untuk kita agar kita bisa tersenyum bahagia dan Allah selalu memiliki jawaban yang terbaik untuk setiap insane yang bermunajat kepadaNya. Banyak sisi hidup ini yang kita tidak tahu. Kita hanya mampu meminta begini dan begitu, sedangkan kita tidak tahu apa yang akan terjadi berikutnya akibat dari permintaan kita tersebut . Kebanyakan dari kita masih belum dewasa untuk menghadapi hal-hal yang demikian.