Siapa pun yang mengenal Allah tidak akan kecewa dengan perbuatan  Allah, yakin sudah terukur. Maka semua puncak ketenangan, puncak kebahagiaan, puncak perubahan, puncak kedamaian, puncak kesuksesan berbanding lurus dengan tingkat keyakianan kepada Allah Yang Maha Agung…Didalam Ilmu Tauhid, mengenal Allah sebagai pusat kendali, memegang peranan penting untuk membangun ketenangan dan kebahagiaan. Mereka yang mengenal Allah, akan bersedia di atur, terserah kehendakNya. Sungguh nikmat hidup ini jika kita menghadirkan Allah di setiap langkah dan kehidupan kita, biarkan Allah yang mengatur hidup ini….,biarkan Allah yang mengurus semua kebutuhan-kebutuhan kita…..Berapapun biaya, tenaga,waktu atau apapun untuk kenal dan dekat pada Allah, seharusnya menjadi anggaran atau budget yang menjadi program inti kita. Kalau kita tidak mengenal Allah, maka kita tidak begitu memahami arti hidup, kita tidak memahami kenapa kita diciptakan ke bumi ini. Kami mohon ya Allah, terangilah jalan-jalan kami dengan cahaya-Mu,amiin.

Allah yang mengurus dan mengatur suatu kejadian-kejadian di bumi dan dilangit. Dari masing-masing kejadian, Allah menyisipkan berbagai macam hikmah agar dapat dijadikan pelajaran. Kehidupan ini adalah anugerah yang sangat berharga. Hidup adalah tanggung jawab yang setiap detiknya harus bermakna ibadah. Keindahan hidup bukan diukur dari panjang pendeknya umur, tidak juga diukur dari kaya miskinnya orang melainkan dari bagaimana ia mengisi hidupnya. Setiap insane pasti memiliki kemampuannya masing-masing untuk memaknai hidup.
Dalam kehidupan ini kita dihadapkan dengan berbagai macam pilihan yang mau tidak mau atau suka tidak suka menuntut kita harus menentukan pilihan, jangan sampai kita tidak memilih karena terlalu takut memikirkan permasalahan yang belum tentu terjadi atau kita merasa tak mampu menghadapinya jika permasalahan itu datang. Berbekal cinta kita kepada Allah SWT harusnya membuat kita mantap untuk bisa memilih.

Adapun orang-orang yang mengenal Allah, mereka tidak selalu berfikir dengan otak dan kepandaian mereka, namun mereka lebih banyak berfikir dengan Allah dan dengan iman dari pada otaknya. Jadi bagi orang yang mengenal Allah mereka mendapatkan dunia dengan usaha dunia yang tidak terlalu berat, tidak terlalu menghabiskan dan menyita waktu mereka dan mereka juga menempatkan dunia di kaki mereka, bukan di hati mereka. Kalau kita mengejar Allah maka dunia difasilitasi oleh Allah untuk kita dan dunia tunduk dengan kita. Beda sekali dengan orang-orang yang tidak mengenal Allah, mereka bekerja jungkir balik, peras keringat namun yang ia dapatkan hanya sebatas rezeki yang telah ditakdirkan untuk mereka dan mereka jadi budaknya dunia. Jika kita mendahulukan Allah, maka Allah pun akan mendahulukan kita, maka kita harus selalu menghadirkan Allah dalam setiap langkah kita, menghadirkan Allah agar Allah ikut campur dalam setiap langkah dan kehidupan kita. Hanya dengan kekuatan iman yang kita miliki, kita akan mampu menghadirkan Allah di setiap hidup dan langkah. Minta pertolongan hanya pada Allah dan bersandarlah padaNya. Kekuatan iman 100 kali lipat dari pada kekuatan otak.

Allah lah Yang Maha Tahu atas segala sesuatu kejadian dan Allah lah yang memberi hikmah pada setiap kejadian. Justru Allah lah sumber dari seluruh sumber kejadian yang ada sumber dari seluruh solusi yang ada. Allah akan mengatur yang terbaik, sudah mengatur yang terbaik dan memberikan hanya yang terbaik buat kita. Adapun rahasia supaya hidup mengalir dengan tenang, aman dan banyak kemudahan yaitu:

1. Jalani hidup dengan keyakinan pada Allah

2. Beribadah dengan sepenuh hati

3. Tawakkal padaNya

4. Kerjakan perintah wajib dan sunnahNya

5. Tinggalkan maksiat dan dosa.

Di dalam hidup ini isinya barangkali hanya ada 2 pilihan yaitu jalan lurus atau jalan sesat, jalan syukur atau jalan kufur dan jalan ibadah atau jalan maksiat.