Hidup memang tidak akan lekang dari masalah, semakin kita beranjak dewasa, beranjak tua, maka semakin banyak permasalahan yang timbul dan dihadapi, maka banyak orang berkata, dengan masalah itu yang membuat hidup kita menjadi lebih hidup. Bagaimana orang beriman menyikapi masalah dalam kehidupannya?. Hanya meminta pertolongan dari Allah di dalam menghadapi kesulitan, memohon terus kepada Allah tanpa ada perantara, tidak menyesali keadaan pada dirinya, keputusan Allah telah putus dan hal telah terjadi, oleh karena itu istirahatkanlah hati kita dari perkataan,”andaikata dan kalau

Hidup memang penuh liku-liku seperti roda yang berputar terkadang diatas dan terkadang dibawah bahkan terkadang juga tertimpa masalah yang membikin hati kita semakin gundah, Cuma yang menjadi pertanyaan, kuat kah iman kita sewaktu dalam kondisi di bawah?. Kita butuh hikmah, sehingga tersingkap rahasia di balik setiap masalah atau kehadian yang ada, kita butuH karunia Allah yang membuat kita bisa menikmati episode apapun yang terjadi dalam hidup ini dan kita butuh hidayah dan petunjuk jalan, agar jelas tujuan hidup kita.

Setiap manusia punya masalah, hidup itu sendiri adalah masalah. Masalah bukan untuk dipikirkan, tapi dicari solusinya. Kita ini hidup beralih dari satu masalah ke masalah lain. Solusi dari setiap masalah ada pada Allah, maka kita harusnya meminta solusi hanya kepada Allah dengan cara taqwa. Taqwa merupakan factor penting yang akan memudahkan kita dalam menghadapi segala problem urusan dunia dan akhirat. “Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluaar dan memberI rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka (Qs. Ath-Thalaq 2-3). Jika seutas tali sudah sangat meregang, nicsaya ia akan putus, artinya jika persoalannya sudah kritis, maka tunggulah jalan keluar.

Mungkin kita pernah berfikir, mengapa orang yang durhaka justru banyak rezekinya meskipun mungkin tidak halal?. Ibnu Qayim menjelaskan,” orang yang meninggalkan taqwa, meskipun mungkin sebagian urusan dunianya mudah, urusan akhiratnya bakal sulit sejauhmana ia meninggalkan taqwa. Andai saja ia mau bertaqwa tentu kemudahan yang ia terima lebiH sempurna. Dan kalau ternyata dia juga menemukan kesulitan karena tidak bertaqwa, boleh jadi Allah sebenarnya akan memudahkan dia pada urusan yang lebih bermanfaat dari yang sudah dia dapatkan tanpa taqwa itu. “

Jangan bersedih dengan keruwetan hidup, sebab memang demikianlah kehidupan itu diciptakan. Pada dasarnya kehidupan itu adalah susah payah dan bercapek-capek. Kalaupun dunia ini diciptakan untuk kelezatan, maka orang mukmin tidak berhak mendapatkan kelezatan itu. Sebab, Rasulullah pernah bersabda,”Dunia ini adalah penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang-orang kafir.”

Setiap masalah yang datang menghampiri kita, pasti ada bingkisan dibaliknya. Allah selalu menyimpan rahasia dan akan selalu memberikan jalan yang terbaik bagi kita. Untuk mengetahui hikmah dari setiap peristiwa yang sedang menimpa, hendaknya  berprasangka baik kepada Allah. Allah sudah memberitahukan  kepada kita  bahwa dalam setiap peristiwa yang Dia ciptakan terdapat kebaikan didalamnya. Belajar lebih bersabar menghadapi hal yang mengecewakan karena dibaliknya ada hikmahnya yang besar dan jauh lebih bermanfaat dari pada maksud yang saat ini belum berhasil diraih.

Lihatlah lebih dekat, karena apapun yang terjadi atas diri kita sendiri, bagaimanapun alur cerita yang kita lewati, bagaimanapun kisah yang kita kenang, semua bukan kebetulan, itu adalah bagian dari rencanaNya. Karena ketidakmampuannya seorang hamba tidak tahu apa yang terjadi di balik takbir kegaiban. Yang dilihatnya hanyalah hal-hal yang lahiriah saja. Sedangkan hal-hal yang tersembunyi hanya Allah yang tahu. Betapa banyak cobaan yang ternyata adalah karunia dan betapa banyak bencana yang kemudian menjelma menjadi nikmat. Pada dasarnya kebaikan itu dibungkus oleh hal-hal yang tidak disukai.

BIARKAN TAKDIR BERJALAN DENGAN TALI KEKANGNYA

DAN JANGANLAH ENGKAU TIDUR KECUALI DENGAN HATI YANG BERSIH

TAK ADA DIANTARA KERDIPAN MATA DAN MELEKNYA

KECUALI ALLAH AKAN MENGUBAH DARI KONDISI KE KONDISI LAINNYA.